Obyek Wisata di Padang

Padang terletak di 0 58′44′ Lintang Selatan dan 10 21′21" Bujur Timur. Luas Wilayahnya 700 km2 dengan 15 pulau kecil-kecil, berpenduduk sekitar 800.000 jiwa. Sebagai kota pantai udaranya berkisar 28 Celcius s/d 32 C di siang hari dan 24 C s/d 25 C di malam hari. Curah hujan rata2 pertahun 306 mm
Dibagian selatan Padang terdapat pantai-pantai berpasir putih dan  di arah timurnya terdapat bukit-bukit yang menyajikan pemandangan alam yang indah.

Obyek Wisata


1. Padang Beach
Berada di pinggiran pusat kota ke arah barat, Pantai Padang menyajikan pemandangan sunset yang dramatis, terdapat pula berbagai jajanan yang menggugah selera. Jadi tempat hang out yang cukup asyik bagi anak muda Kota Padang. Bagi para surfer pemula ada beberapa spot yang cukup menantang di Pantai ini terutama di bagian Pantai Purus dan Pantai Air Tawar.


2. Museum Adityawarman
Berada di Jl Diponegoro, arsitektur museum ini khas rumah gadang Minangkabau dan punya taman yang luas dan asri, terdapat berbagai koleksi sejarah di sini.


3. Padang Old Town
Kawasan ini merupakan gabungan dari pelabuhan tua Sungai Batang Arau (BA) alias Muaro dengan beberapa bangunan lama kolonial (sayang kurang terawat, dan yang cukup mengganggu adalah ada yang menggunakan sebagai sarang burung walet, ada juga beberapa orang norak yang kurang punya selera yang merombak bangunan ini menjadi bangunan modern, jauh dari bentuk aslinya), Gunung Padang, dan sebuah Klenteng yang berumur sekitar 200 tahun, serta yang tidak kalah menarik (tetapi pedagang di sini perlu ditertibkan) adalah jembatan Siti Nurbaya yang menyeberangi Sungai BA, dari sini sunset juga bisa terlihat. Ini juga terdapat Kota Tua Pasa Gadang yang dulunya merupakan pusat rempah-rempah berbagi bangunan peninggal kolonial yang unik terdapat di sini.


4. Pantai Air Manis
Terletak 10 KM arah selatan Kota Padang atau Di balik Gunung Padang (jika jalan tembus dari jembatan Siti Nurbaya dapat terealisasi jarak kesini akan menjadi 4 KM saja dari pusat kota, ada Pulau Pisang Ketek (Pisang Kecil) di depannya, lalu di sini terdapat juga Batu si Malin dari Legenda Malin Kundang. And abisa melakukan trekking dari Sungai BA ke sini dengan menyusuri Gunung Padang  (gunung ini sebenarnya hanya setinggi bukit jadi jangan takut dulu membayangkan medan yang berat), ke Pantai Air Manis ini di tengah perjalanan anda akan menemukan makam Siti Nurbaya (letaknya saya tidak tahu persis karena saya kurang berminat untuk tahu, tetapi anda bisa bertanya kepada penduduk setempat untuk lebih persisnya). Bagi para surfer pemula juga ada  spot yang cukup menantang di Pantai Air Manis ini.

 
5. Kantor Balai Kota (City Hall)
Inilah jantung kota Padang, bangunan kantor ini masih mempertahankan arsitektur kolonialnya, didepannnya terdapat paru-paru kota yaitu Taman Imam Bonjol yang cukup luas dan asri.


6. Pantai Pasir Jambak
Pantai ini berada  20 KM di utara Padang, berpasir putih cukup luas dan teduh karean ditumbuhi berbagi pohon, terutama pohon kelapa.


7. Pantai Nirwana
Pantai ini berada  14 KM di utara Padang, berpasir putih, ketika sebelum tahun 1990-an masih banyak terdapat terumbu karang yang cukup asri dan luas tapi sayang karena banyak sebab, hal itu kini tinggal kenangan, pantai ini cukup landai sekitar 0-200 meter ke arah laut yang lebih dalam masih merupakan laut dangkal.

8. Sikuai Resort Island
Pulau terbesar dari gugusan pulau di Padang, berbagai fasilitas wisata dapat anda nikmati di resort ini, pasir putih, kesunyiannya sesekali di iringi debur ombak dan kicauan burung yang terbang di pantai dijamin akan menghilangkan kepenatan dan rasa sumpek anda setelah sebelumnya menjalani berbagai rutinitas. Anda juga dapat trekking mengelilingi pulau ini, jika anda belum puas anda dapat berperahu melihat pulau-pulau lain yang berdekatan, yang masih menyajikan terumbu karang yang eksotis. Anda juga bisa mengunjungi pantai Sungai Pisang yang terletak tidak terlalu jauh dari sana.

9. Pantai Sungai Pisang
Disini terdapat desa nelayan, pantainya putih bersih dan asri, ada pemandangan tebing-tebing di tepi pantai yang cukup memukau, di pantai teluk ini anda bisa memancing disini dengan tenangya.


10. Teluk Bungus
Terletak 20 KM selatan Padang, teluk ini cukup lebar dan terdapat berbagai penginapan seperti Pondok Carolina, Pondok Carlos dan lainnya yang memiliki fasilitas cukup memadai  Dibelakang teluk ini arah ke bukit terdapat Air Terjun Tiga Tingkat, sehingga meperlengkap pemandangan yang sangat eksotis yang disajikan teluk ini, terutama di sore hari setelah hujan, dan ingat sekali pasir putih dan sunset.


11. Air Terjun Tiga Tingkat
Air terjun ini terletak di kaki bukit barisan dengan ketinggian 600 m, di lokasi ini terdapat air terjun sebanyak 3 tingkatan. Masyarakat Cindakir, Bungus menyebutnya Teluk Hitam.
12. Air Terjun Sikayan Balumuik
Air terjun ini terletak di punggung bukit barisan, tepatnya di Desa Koto Baru, Gadut, Kel. Limau Manis, Kec. Pauh, tingginya sekitar 90 m
12. Air Terjun Sarasah Banyak Gariang
Air terjun ini terletak Gadut juga kel. Limau Manis, Kec. Pauh, tingginya sekitar 40 m, air terjun ini relatif mudah dicapi dibanding Air Terjun Sikayan Balumuik.
13. Lapangan Golf Ulu Gadut
Lapangan golf tertua di Sumatera Barat ini terletak di bukit Ulu Gadut. Seiring perjalanan waktu lapanagn golf ini terus direnovasi dan mempunayi fasilitas yang lengkap. Anda juga bisa menjadi member Padang Golf Club  (PGC) untuk menikmati kemudahan-kemudahan yang didapat dari Lapangan Golf ini.
14. Taman Hutan Raya Bung Hatta
Taman ini terletak di perbukitan 23 KM arah timur, berbagai flora dan fauana anda dapat saksikan disini, juga pemandangan ke arah laut yang eksotis, sayang beberapa tahun terakhir taman ini kurang terawat.
15. Masjid Raya Ganting
Masjid tertua di kota Padang, lebih tua dari gerejanya GPIB di jl Bgd Azis Chan yang juga sama-sama di bangun di jam kolonial, dibangun tahun 1815 di Kampung Ganting dari niat pemuka masyarakat untuk mendirikan masjid besar. Dengan gaya arsitektur Masjid Nusantara (atap tumpang) dipadu dengan gaya arsitektur Eropa (tampak luar dinding tembok depan), percayalah bentuk masjid ini menjadi tiada duanya di Indonesia, bahkan dunia mungkin.

Demikianlah, saya sajikan berbagai penjelasan mengenai obyek wisata yang sekali lagi tiada duanya (second to none), ya memang hanya penjelasan singkat mungkin anda dapat bertanya lagi ke berbagai sumber referensi lain untuk lebih detailnya dan penulisan ini dibatasi hanya untuk kota Padang, tetapi bukan tidak mungkin nanti untuk daerah lain di Sumatra Ovest disajikan, mungkin sebagian dari anda telah menyaksikannya, tetapi mungkin juga belum jadi tidak ada salahnya anda kunjungi, jangan takut pengalaman yang anda akan alami mampu membayar biaya perjalanan anda yang mungkin mahal karena BBM, gitu deh

0 komentar:

Poskan Komentar

 
RESEP MAKANAN INDONESIA