Objek Wisata Taman Nasional Laut Bunaken


Taman Nasional Laut Bunaken letaknya ada di Sulawesi Utara dan berjarak ± 8 km dari daratan Kota Manado. Letaknya yang cukup strategis tersebut menjadikan taman laut ini mudah untuk dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Taman Nasional Laut Bunaken merupakan salah-satu tempat tujuan rekreasi yang cukup menarik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri.
Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Nasional Laut Bunaken adalah seperti berjemur dipantai, berenang dilaut, diving (menyelam), snorkeling, menjelajahi hutan-hutan disekitar pantai.

Secara keseluruhan Taman Nasional Laut Bunaken memiliki areal taman seluas 75.265 hektar yang didalamnya terdapat lima pulau, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berserta beberapa anak pulaunya dan yang terakhir Pulau Naen. Meskipun kawasan taman laut ini memiliki lima pulau yang berdekatan, hanya Pulau Bunaken yang paling terkenal sebagai lokasi penyelaman.
Kawasan Bunaken pada tahun 1991 diresmikan sebagai taman laut nasional oleh Menteri Kelautan serta dijadikan sebagai objek wisata bahari dan pendidikan karena melihat potensi alam dan juga aktivitas konservasi ekologi laut dikawasan ini. Disamping melakukan kegiatan wisata, taman laut ini sangat baik untuk perkembangan edukasi pengetahuan orang dewasa dan anak-anak tentang alam laut dan sumber dayanya.

Taman Nasional Laut Bunaken adalah merupakan salah-satu taman laut yang terindah di dunia, terkenal akan formasi terumbu karang yang sangat indah dan luas. Taman laut ini menjadi habitat lebih dari 3000 spesies ikan yang perlu dijaga dari kepunahannya seperti ikan lolosi ekor kuning ( lutjanus kasmira ), ikan kuda gusumi ( hippocampus kuda ), goropa ( ephinephelus spilotoceps ), oci putih ( seriola rivoliana ) dan banyak lagi lainnya serta memiliki keaneka-ragaman jenis organisme akuatik yang langka seperti lumba-lumba, ikan duyung, dugong-dugong dan juga memiliki berbagai jenis ikan hias yang sangat indah.

Taman Nasional Laut Bunaken memiliki areal yang cukup luas untuk melakukan penyelaman, meskipun demikian lokasi penyelaman tetap hanya dibatasi disekitar pantai-pantai yang mengelilingi kelima pulau tersebut, hal ini dilakukan untuk keselamatan pengunjung serta untuk memudahkan petugas pantai dalam mengawasi pengunjung.
Pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan-ikan daerah tropis dan terumbu karang yang menakjubkan nan indah sehingga dijamin pengunjung akan terkagum-kagum melihatnya dan tidak dapat melupakannya.
Sebagai tempat penyelaman, Taman Nasional Laut Bunaken termasuk diantara 10 tempat penyelaman terpopuler didunia.
Ada 20 titik tempat penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter dikawasan taman laut ini. Dari 20 titik penyelaman tersebut, 12 titik diantaranya berada disekitar Pulau Bunaken dan paling sering dikunjungi oleh penyelam dan wisatawan.
Fenomena alam laut yang ada di Taman Nasional Laut Bunaken ini adalah unik dan hampir dipastikan tidak dapat ditemukan di taman laut lainnya. Taman laut ini mempunyai keunikkan berupa dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung keatas atau disebut underwater great walls atau hanging walls. Dinding karang ini juga menjadi sumber tempat makanan bagi ikan-ikan di perairan disekitar Pulau Bunaken.

Akses Ke Taman Nasional Laut Bunaken
Untuk mengunjungi taman laut ini, pengunjung dapat menggunakan perahu motor sewaan berangkat dari tepian pantai di teluk Kota Manado menuju kawasan taman laut.

Fasilitas Yang Tersedia
Disekitar lokasi tersedia hotel, resort, homestay, kolam renang, restoran, kantor pos, menara pandang, pos jaga, speed boat.
Tersedia juga jasa penyewaan alat-alat selam berserta instrukturnya.

Saat Terbaik Untuk Berkunjung Ke Taman Nasional Laut Bunaken
Musim kunjungan terbaik ke Taman Nasional Laut Bunaken adalah pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa
Dalam kondisi tertentu perlu untuk melindungi diri dari angin laut, maka perlu untuk membawa baju hangat atau jaket, penutup kepala, syal untuk penghangat leher.

Yang Harus Menjadi Perhatian
Ada baiknya ketika berkunjung ke Taman Nasional Laut Bunaken kondisi kesehatan dalam keadaan prima.

sumber..http://indonesia-indahnya.blogspot.com/2009_01_01_archive.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
RESEP MAKANAN INDONESIA