Objek wisata di kota Magelang



1. CANDI BOROBUDUR
Candi budha terbesar didunia yang merupakan salah satu karya master piece diantara Tujuh Keajaiban Dunia terletak di Desa Borobudur kec borobudur lebih kurang 3 km dari kota Mungkid(40km)dari Yogyakarta.Kawasan candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada abad VIII saat ini telah dikelilingi kawasan taman wisata dengan berbagai daya pesona bagi para pengunjung. 

2. CANDI MENDUT
candi yang terletak kurang lebih 3 km sebelum candi borobudur dari arah jogyakarta, candi ini memiliki atap yang berbentuk limas dan didalamnya terdapat patung budha yag diapit oleh dua arca. 

3. TAMAN REKREASI MENDUT
Bagi pengunjung Candi Borobudur yang ingin lebih menikmati suasana santainya dapat singgah di Taman Rekreasi Mendut dalam perjalanan pulangnya karena tempat ini terletak ditepi jalan arah candi Borobudur.Fasilitas taman ini antara lain kolam renang bertaraf internasional, kolam renang anak-anak, arena bermain,lapangan tenis,mushola,cafetaria dan parkir luas.

4.TAMAN REKREASI KALIBENINGObyek wisata Kalibening dapat dijangkau dengan mudah terletak dijalur Magelang-Semarang tepatnya di Desa Payaman kec Secang dan siap menantikan kunjungan anda. 

5.TELAGA BLEDER
Obyek wisata terletak di Desa Ngasinan Kec Grabag dilereng gunung Andong tersedia aneka fasilitas rekeasi air seperti speed boat, sampan,sepeda dan becak air.Pengunjung dapat memanjakan kesenangannya akan rekreasi air sambil menikmati sejuknya hawa pegunungan serta panorama alam yang indah.

6. SEKARLANGIT
Obyek wisata berupa air terjun dengan ketinggian 25 m. Yang terletak didesa Tlogorejo kec.Grabag merupakan tempat yang sangat mengasyikkan bagi kawula muda dengan suguhan panorama alam gunung Andong dan Telomoyo serta bumi perkemahan yang ditunjang dengan hawa menyegarkan. 

7. CURUG SILAWE
Air terjun yang terletak dilereng gunung Sumbing dengan ketinggian 50 m.Terletak di Desa Sutopati Kec Kajoran. Selain dapat menikmati sejuknya hawa pegunungan juga dapat disaksikan panorama indah berupa hamparan hutan pinus.

8.ARUNG JERAMArung Jeram Citra Elo merupakan petualangan alam/tantangan untuk menghilangkan kejenuhan dalam kehidupan sehari-hari bagi wisatawan dapat melihat pemandangan alam,sungai sepanjang 12 km.Terletak di Desa Progowati kec Mungkid 3 km sebelum Candi Borobudur.

9.GARDU PANDANG KETEP
Terletak 21 km dari Kota Mungkid berada didesa Ketep Kec Sawangan jalur Solo-Selo-Borobudur. Dari gardu pandang ini wisatawan bisa melihat pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Tidar, Andong dan Pegunungan Menoreh serta hamparan lahan pertanian. Dari tempat ini bisa melihat luncuran lahar panas gunung Merapi. Fasilitas yang dapat ditemui antara lain areal parkir, kamar mandi/wc, gasebo,audiovisual/ home theatre, kios cinderamata/makanan.

10. MUSIUM WIDAYAT
Terletak dijalur borobudur taman rekreasi mendut. musium ini merupakan koleksi lukisan almarhum h.widayat yang dilengkapi patung-patung dan dibelakangi gedung/halaman dapat dijumpai beberapa tanaman langka.

11. TAMAN ANGGREK
terletak didepan taman rekreasi mendut dilengkapi dengan loboratorium pembibitan bunga anggrek, greenhouse dan dipersiapkan penjualan bunga anggrek potong, tanaman anggrek, bibit bunga anggrek dan tanaman hias lainnya.

12. CANDI PAWON
bangunan suci budha yang disebut dalam prasasti karang tengah 824 m didukung letaknya yang segaris dengan candi mendut dan candi borobudur.terletak di desa brajanalan kec. borobudur. 

13. PEMANDIAN AIR HANGAT CANDI UMBULterletak di dusun candi umbul desa kartoharjo kec. grabag. obyek wisata peninggalan dinasti syailendra sampai saatnya masih dipercaya bisa membuat seseorang tambah cantik bila berendam ditempat tersebut karena airnya mengandung zat saprophyl

14. CANDI SELOGRIYO
terletak pada kaki bukit condong berbatasan dengan bukit giyanti.secara keseluruhan terletak dilereng bukit sukorini sebelah timur gunung sumbing di kec.windusari.merupakan bangunan tunggal,memiliki bentuk tidak berbeda dengan candi-candi hindu lainnya.

15. AIR TERJUN KEDUNGKAYANG
terletak dijalur blabak-boyolali ketinggian kurang lebih 40 m.dilereng gunung merapi tepatnya di desa wonolelo kec. sawangan kurang lebih 19 km dari blabak

16. MAKAM PANGERAN SINGOSARI ( KYAI RADEN SANTRI ) GUNUNG PRING
terletak di bukit gunungpring kec. muntilan ketinggian 400 meter diatas permukaan laut 1km. selatan muntilan.obyek wisata ziarah makam keluarga pangeran singosari mataram keturunan raja majapahit putra kiageng pemanahan generasi ke VI (enam) prabu brawijaya V.

17.Fasilitas Ketep Pass

garuda-ketepTukang Sapu – Berwisata di kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dan segar merupakan alternatif yang menarik untuk melepaskan kepenatan pikiran dan hati setelah bergelut dengan rutinitas pekerjaan kita. Salah satu alternatif tempat wisata yang berhawa sejuk dan segar adalah Obyek Wisata Ketep Pass di kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kawasan Ketep Pass merupakan kawasan wisata pada ketinggian 1200-an meter dari permukaan laut. Tempatnya yang lapang dan berada di puncak bukit menjadikan pemandangan dari ketep pass bisa leluasa ke segala penjuru arah. Pemandangan lain yang tidak sangat eksotik dan sangat luar biasa adalah kokohnya Gunung merapi dan merbabu yang berada tepat di depan Ketep Pass, lebih-lebih jika dilihat pada pagi hari atau cuaca yang cerah. semakin menambah pesona Ketep Pass.

Obyek wisata ketep Pass merupakan alternatif lain berwisata di  Magelang, selain Candi Borobudur, Taman Kyai Langgeng dan Kopeng di Salatiga. Selain bisa menerawang gunung merapi dan merbabu, dari Ketep Pass dapat disaksikan pula keindahan Gunung  Sindoro dan Sumbing. Menambah suasana Ketep Pass sangat menyegarkan.
Meski Obyek wisata Ketep Pass belum begitu lama diresmikan, akan tetapi keindahan dan kesejukan hawa pegunungan serta obyek view yang leluasa membuat banyak pengunjung datang ke tempat ini. Berbagai fasilitas pendukung telah dibangun di Ketep Pass. Fasilitas yang menjadi unggulan Ketep Pass adalah wisata Vulkanologi Gunung Merapi. Wisata sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kegunungapian difasilitasi pada obyek wisata Ketep Pass. Volcano Theatre merupakan bioskop mini yang memberikan gambaran tentang aktivitas gunung merapi kepada pengunjung.

18.GARDU PANDANG

Gardu Pandang merupakan gazebo yang digunakan sebagai tempat untuk melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, serta hamparan lahan pertanian dan lembah di kedua kaki Gunung tersebut. Selain dipergunakan sebagai tempat untuk meneropong Gunung Merapi, gardu pandang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berdiskusi, rapat dan berkumpul meski hanya cukup untuk beberapa orang saja. Banyak kelompok-kelompok diskusi atau instansi yang sering menggelar pertemuan di Gazebo Ketep Pass. Ruang yang terbuka tetapi terlindung dari terik matahari dan hujan membuat suasana nyaman Gazebo Ketep Pass.
gazebo
Gazebo Dan Gardu Pandang Ketep Pass

19.Volcano Theatre

Volcano Theatre Ketep Pass merupakan gedung tempat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi. Film ilmiah yang menceritakan tentang terjadinya erupsi merapi ,jalur-jalur pendakian, penelitian dipuncak Garuda serta beberapa  letusan dahsyat Gunung Merapi. Dengan Tiket yang cukup murah pengunjung bisa menikmati suguhan film berdurasi kurang lebih dua puluh menit di Volcano Theatre yang disediakan Ketep Pass.
volcano-theatre-ketep
Volcano Theatre Ketep Pass

20.Areal Parkir dan Mushola

Meski tempatnya berada di puncak bukit, tetapi cukup tersedia areal parkir yang cukup luas. Juga tempat ibadah bagi para pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan kendaraannya. Bagi pengunjung menggunakan Bus dan kendaraan besar telah disediakan lahan parkir yang lebih luas meski jaraknya relatif lebih jauh dari lokasi utama Ketep Pass.
mushola-ketep
Mushola dan Halaman Sebagai Tempat Parkir Ketep Pass

21.Tempat Makan

Selain beberapa warung yang tersedia di area Ketep Pass, terdapat makanan tradisional yang cukup menarik yaitu Jagung Bakar. Warung-warung di Ketep Pass menyediakan berbagai macam makanan untuk melengkapi suasana berwisata di Ketep Pass.
Untuk Menjangkau Ketep Pass tidaklah terlalu sulit, dari Arah Yogyakarta rute yang bisa ditempuh Yogyakarta – Blabak – Sawangan – Ketep. Dari Blabak kurang lebih berjarak 15 km. Jika kita dari arah  Semarang bisa melalui Satatiga – Kopeng – Kaponan – Ketep Pass. Perjalanan ke Ketep Pass dapat dilalui menggunakan hampir dengan semua kendaraan sepeda motor, mobil dan bus.

sumber.http://tukangsapu.web.id/news/obyek-wisata-ketep-pass-magelang.html
            http://wisatabenewskp.blogspot.com/2005/10/kabupaten-magelang.html

5 komentar:

Junaidi mengatakan...

bagus brow truslah berkarya
www.junaardas.co.cc
kundungan perdana

undangan pernikahan mengatakan...

mau bikin undangan pernikahan online? disini tempatnya

Sewa Mobil Pontianak mengatakan...

Sewa mobil di daerah pontianak termurah klik nama saya saja

grosir baju murah surabaya mengatakan...

Menyediakan grosir baju murah untuk wilayah surabaya

grosir baju murah mengatakan...

grosri baju yang murah untuk rekomen anda

Posting Komentar

 
RESEP MAKANAN INDONESIA