Tempat Objek Wisata Jakarta



 - Setiap hari libur banyak orang yang ingin berpergian berwisata bersama keluarga, sahabat, teman satu kantor, bahkan bersama pacar, atau mungkin juga dilakukan sendirian saja. Bagi anda yang tinggal di Jakarta, maka beberapa tempat wisata di Jakarta sendiri bisa anda kunjungi untuk melepaskan penat anda setelah selama enam hari terus bergelut dengan pekerjaan.

Adapun tempat wisata di Jakarta yang pantas dan menarik untuk senantiasa anda kunjungi ketika hari libur tiba adalah sebagai berikut:

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang adalah untuk memelihara dan membiakan hewan yang hampir punah.Jadi bukan sekedar hanya memamerkan binatang.Lebih dari itu, menyelamatkan dan mengembangbiakan binatang-binatang yang diperkirakan akan punah bila tidak dipelihara.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Inilah taman rekreasi yang paling ramai dan paling akrab dengan penduduk kota Jakarta dan kota kota lain disekitarnya. Taman ditepi laut pantai Jakarta ini sering disebut Ancol saja.Berbagai macam bentuk hiburan baik untuk anak maupun orang tua terdapat dalam 522 hektar ini.Taman ancol termasuk taman rekreasi terlengkap di Asia.Tak jauh dari pintu masuk terdapat banyak pilihan diantaranya : Dufan, yang berisi berbagai jenis sarana permainan ; Gelanggang Samudera merupakan suasana alam terbuka, sekaligus melihat-lihat tingkah laku binatang-binatang, baik binatang air, burung atau binatang hutan lainnya yang dinikmati di arena dan hutan buatan;Gelanggang Renang;Pantai; Pasar Seni, Tempat Pemancingan dan masih banyak lagi.

3. Taman Mini Indonesia Indah

TMII merupakan taman rekreasi dan museum budaya Bangsa Indonesia.Ditaman ini diperkenalkan, dilestarikan dan dikembangkan berbagai bentuk budaya bangsa Indonesia.Taman ini dibangun pada tahun1972 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 7 April 1975.TMII memiliki luas 120 hektar yang menampilkan kebesaran budaya dalam bentuk mini.Sebagai Taman TMII bukanlah museum yang diam, yang hanya memamerkan anjuangan daerah secara lengkap.Tapi secara langsung menyuguhkan objek dan tontonan hidup yang membuat pengunjung seakan menyatu dan berada ditengah-tengah kehidupan budaya. Selain itu juga Desa Wisata, Museum Keprajuritan dan lain-lain.

4. Taman Ismail Marzuki

Adalah pusat kesenian dan kebudayaan Indonesia yang ada di Jakarta.Disini secara rutin dipertunjukan acara- acara seni dan budaya, termasuk pementasan drama, tari, wayang, musik, pembacaaan puisi, pameran lukisan dan pertunjukan film. Dipusat kesenian TIM ini kita bisa menemukan berbagai jenis kesenian tradisional sampai kotemporer, baik yang merupakan tradisi asli Indonesia maupun dari luar negeri.

5. Pulau Seribu

Gugusan Pulau Seribu masuk wilayah Jakarta Utara. Menurut catatan, Kepulauan Seribu memiliki sekitar 342 pulau, termasuk pulau-pulau terumbu karang dan pulau-pulau pasir.Udaranya bersih, lautnya membiru penuh dengan taman bunga karang.Untuk memancaing pun memang tepat dan mengesankan begitu pula untuk olahraga air.Disamping rekreasi dan wisata bahari, kepulauan ini adalah Taman Nasional Laut tempat penelitian oseanologi, arkeologi serta untuk mempelajari tumbuhan laut dan satwa laut yang langka.

Selain mengunjungi salah satu atau lebih ke-5 tempat wisata di Jakarta diatas, anda juga masih bisa melakukan tempat wisata alternatif lainnya, seperti halnya jalan-jalan keberbagai mall yang ada di kota Jakarta.

Wisata Pulau Seribu – Wisata dengan biaya murah

objek wisata pulau seribu
Krisis ekonomi global yang masih melanda sebagian besar negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, bukan merupakan halangan untuk melakukan wisata pulau seribu. Caranya, pilihlah pelayanan paket hemat yang diberikan agen-agen wisata. Achmad Hidayat, pengelola paket wisata pulau seribu di Pulau Amiterdam – yang sekarang lebih populer dengan sebutan Pulau Untung Jawa – menawarkan hal itu.
Paket wisata pulau seribu yang ditawarkan, benar-benar terjangkau bagi mereka yang berkantong pas-pasan. Bayangkan dengan biaya Rp 176. 000,- dan Rp 187.000,-/orang, wisatawan dapat menikmati paket wisata pulau seribu sehari semalam dengan tujuan Pulau Rambut, Onroust dengan star dan finish di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang. Biaya tersebut sudah termasuk transportasi perjalanan laut, tiket masuk pulau, biaya penginapan di {home stay}, sarapan pagi satu kali dan dua kali makan besar (siang dan malam).
Agar pihaknya tidak rugi, ada batas minimum untuk setiap paket wisata kepulaun seribu. Untuk kategori  paharga Rp 176.000,-/orang, harus diikuti minimum 50 orang. Sedang untuk paket  wisata kepulauan seribu Rp 187.000/orang,- batas minimumnya 30 orang. Ahmad juga menawarkan paket wisata pulau t wisata kepulauan seribu termurah seharga Rp 71.500/orang untuk berwisata ke Pulau Untung Jawa saja. Paket wisata pulau seribu ini harus diikuti minimum 100 orang.
Pulau Untung Jawa yang luasnya 40.10 hektar itu merupakan obyek wisata pulau seribu yang menarik. Pulau yang dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan laut dari Tanjung Pasir, Tangerang, itu menyimpan peninggalan sejarah seperti tugu “Arung Samudera” yang didirikan dalam rangka 50 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia oleh pelaut-pelaut dari 22 negara yang mengikuti Fleet Review Arung Samudera 95.
Pulau Untung Jawa sudah dihuni penduduk pribumi yang berasal dari daratan Pulau Jawa. Sejak 1920-an wilayah ini dipimpin seseorang yang biasa disebut “bek” (lurah-red). Bek Fi’I dan Bek Kasim yang berdomisili di Pulau Kherkof (sekarang Pulau Kelor – red) pernah membawahi beberapa pulau seperti Pulau Untung Jawa, Rambut, Ubi Besar, Ubi Kecil, Bidadari, Kelor, Cipir dan pulau Onrust.
Sumber Artikel untuk Wisata Pulau Seribu oleh Buce_Lee

Pulau Putri

Data singkat tentang Pulau Putri

Pulau Putri terletak disebelah utara Kepulauan Seribu, dan cukup jauh dari Jakarta. Letaknya dekat dengan pulau Matahari. Pulau Putri memiliki air laut yang sangat bersih sehingga cocok untuk dijadikan tempat berenang, snorkeling, dan diving. Letak Pulau Putri ini terasing dan menyendiri dari pulau-pulau yang lain. Pantai di Pulau Putri sangat indah dan berpasir putih. Di Pulau Puteri terdapat akuarium ikan hias, akuarium bawah laut, lapangan tenis, dan biawak di kebun binatang mini.

Pulau Untung

Sisi lain dari Pulau Untung Jawa

Perawakannya kecil. Di wajah dan dahinya tampak jelas kerutan tanda usianya sudah lanjut. Sambil menggendong karung plastik, dia berjalan menyusuri pantai pulau Untung. Seorang diri. Nenek ini cekatan memunguti aneka benda plastik yang bertebaran di bibir pantai pulau Untung.
Satu, dua, tiga jam. Dia terus berjalan menyusur pantai, berharap ada limpahan “rezeki” berupa sampah plastik yang terbawa oleh ombak Laut Jawa di pulau Untung ini. Sesekali dia rehat dengan berjongkok. Sudah pasti, dia sangat kelelahan.
Nenek itu sering disapa Nek Ami. Dia satu-satunya wanita sepuh yang berprofesi sebagai pengumpul plastik bekas di Pulau Untung. Di usianya yang sudah senja, dia masih berkutat dengan ketidakpastian hidup.
Dalam sehari, rata-rata dia berhasil mengumpulkan 2 kilogram sampah plastik di pulau Untung yang kemudian dia jual Rp 2 ribu per kilonya. Sejak matahari mulai terbit, dia sudah berangkat ke “kantor”-nya di pantai pulau Untung. Dia mengacak-acak onggokan-onggokan sampah yang terbawa ombak di pulau Untung ini.
“Nenek mah udah lahir lama sebelum merdeka, tong (Mas)…,” tuturnya. Itu berarti usianya sudah lebih dari 65 tahun. Bisa jadi 70 atau 80 tahun. Sambil asyik memilah sampah, dia bercerita bahwa di pulau Untung ini tidak ada orang yang seperti dirinya.
Obrolan kami berlangsung singkat, karena sudah mau magrib. Nek Ami pamit pulang. Rumahnya ada di bagian belakang pulau Untung. Sekitar 10 meter di belakang pulau Untung terdapat hutan bakau yang berbatasan dengan laut lepas. Air di rumahnya pun asin. Rumahnya di pulau Untung ini sangat sederhana. Di depannya terdapat bangku panjang sebagai tempat dia biasa selonjoran selepas bekerja.
Mari berhitung sederhana. Harga sampah Rp 2 ribu per kilogram. Bila Nek Ami ini hanya mampu “menghasilkan” 2 kilogram saja sehari, berarti penghasilannya tiap hari hanya Rp 4 ribu. Sebuah angka yang hanya cukup untuk membeli sepiring lontong sayur tanpa telur.
“Yang penting bisa makan apa aja, masih bisa jalan, masih bisa ngeliat,” ujarnya lirih sambil mengunyah sirih yang jadi camilan favoritnya.
Nek Ami, boleh jadi miskin harta, tapi sungguh kaya jiwa. Nek Ami secara tidak langsung menjadi bagian dari usaha pelestarian lingkungan di pulau Untung dengan menjadi pengumpul sampah. Subhanallah, hidup ini memang penuh hikmah

sumber..http://www.forumkami.com/forum/pariwisata/47934-tempat-objek-wisata-jakarta.html
             http://kepulauan-seribu.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
RESEP MAKANAN INDONESIA