TEMPAT WISATA DI KOTA PALANGKARAYA

Ada beberapa tempat tujuan wisata di Kota Palangkaraya. Diantaranya adalah:

1. DANAU TAHAI

Danau ini merupakan danau alam yang terbentuk karena adanya perubahan aliran sungai Kahayan. Danau Tahai berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota.
Danau Tahai memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya (terutama di luar Pulau Kalimantan), yaitu airnya berwarna merah—yang disebabkan oleh akar-akar pohon di lahan gambut. Di sekitar danau, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan yang unik, yaitu banyak terdapat rumah-rumah terapung—yang oleh penduduk setempat disebut sebagai rumah lanting.
Lokasi danau ini mudah dijangkau. Lokasinya yang berada di pinggir jalan Palangkaraya—Sampit membuat Danau Tahai tidak sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum. Jika menggunakan sarana transportasi umum, pengunjung dapat naik bus jurusan Palangkaraya—Sampit dengan jarak tempuh sekitar 30 km dan turun di Desa Tahai. Dari Desa Tahai, pengunjung dapat langsung menuju lokasi danau cukup dengan berjalan kaki.
Selain memiliki panorama yang sangat indah, obyek wisata Danau Tahai juga dilengkapi dengan sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya: sepeda air angsa, tempat duduk santai, perahu dayung/bermotor yang bisa disewa jika pengunjung ingin mengelilingi danau, jembatan/titian penghubung, tempat karaoke, rumah makan terapung, mushola, WC umum, dan areal parkir yang dilengkapi dengan pos keamanan di pintu masuknya. Selain itu, di sekitar obyek wisata Danau Tahai ini juga terdapat rumah-rumah penginapan yang mematok harga antara Rp 75.000—Rp 200.000 per malam (Mei 2008).
Info lengkap, klik disini
tempat lainnya

2. ARBORETUM NYARU MENTENG

Jika merasa bosan dengan pemandangan air saja, pengunjung dapat menyambangi lokasi Penangkaran Orangutan Nyaru Menteng milik Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival) yang tidak jauh dari lokasi Danau Tahai ini. Di lokasi penangkaran ini, pengunjung dapat menyaksikan kelucuan tingkah-laku orangutan yang berada di kandangnya. Selain melihat orangutan, pengunjung juga dapat mencoba tracking ke dalam hutan yang masih terjaga kelestariannya di sekitar areal penangkaran ini. Namun, tempat penangkaran ini tidak buka setiap hari. Hanya pada hari Minggu dan hari-hari libur lainnya lokasi penangkaran ini dibuka untuk umum.
Info lengkap, klik disini

Danau Tahai & Orang Utan, PalangkaRaya, Kalteng

Tahai adalah sebutan danau dari bahasa dayak Kalteng sepertinya. Tahai ini berupa danau kecil yang terbentuk konon kabarnya dikarenakan genangan air yang sudah lama akibat galian pasir. Selain itu Tahai juga terbentuk dikarenakan bekas aliran sungai yang alurya jadi berubah, sehingga terbentuk genangan air yang tidak mengikuti aluran sungai lagi.
tahai3
Di Kalteng sendiri banyak sekali Tahai-Tahai ini, dan salah satu yang sering dipadati pengunjung adalah Danau Tahai yang +/- 30 km dari Palangkaraya arah Sampit tidak jauh dari pinggir jalan raya (3 km masuk kedalam). Di tempat ini fasilitasnya juga sudah lumayan banyak, seperti titian jembatan dari kayu dimana titiannya membelah danau itu sendiri sehingga kita berjalan sampai ke tengah danau bahkan ke seberang danaunya. Selain itu disini juga sudah terdapat gubuk2 sehingga kita bisa menikmati pemandangan sambil bercengkrama sambil melepas lelah. Ada juga kereta-kereta air dan tentunya juga ada musholla dan ada beberapa rumah yang bisa disewa.
tahai4
Yang unik dari danau-danau di Kalimantan adalah airnya yang merah karena merupakan air tanah gambut dan air-air dari akar-akar pohon di lahan gambut, dan kita juga bis amenjumpai rumah-rumah terapung atau disebut rumah lanting.
Jika bosan dengan pemandangan air saja, kita bisa singgah lagi ke Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng milik Yayasan BOS yang tidak jauh dari lokasi Tahai ini (+/- 1 km). Disini kita bisa melihat tindak tanduk orang utan yang berada di kandangnya. Untuk melihat orang utan sebaiknya datang pada hari Minggu, karena tempat untuk melihatnya hanya dibuka hari minggu dan hari libur lain.
orang utan
Selain melihat orang utan kita juga bisa mencoba tracking ke dalam hutan-hutan yang masih dijaga kelestariannya yang masih berada dalam areal penangkaran ini.
tahai1
Untuk masuk kedalam hutannya kita juga tidak usah takut dengan tanah yang berupa gambut yang tergenang air karena sudah disediain jalan berupa jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi areal hutannya. Didalam hutan kita bisa merasakan udara yang sejuk dan masih segar dan juga bisa mendengarkan kicauan burung dan jika beruntung bisa bertemu dengan Uwak-uwak, salah satu jenis kera yang hanya terdapat disini yang juga dilindungi.
hutan
Dan di hutan sini juga bisa dijumpai tumbuh-tumbuhan atau bunga yang jarang ditemui.

Taman Wisata Kumkum, PalangkaRaya

Kumkum berupa salah satu tujuan wisata masyarakat di PalangkaRaya , dan mungkin merupakan salah satu tujuan wisata paling dekat. Dan karena satu-satunya tujuan wisata yang paling dekat, maka sangat wajar jika di hari-hari tertentu tempat wisata ini sangat ramai sekali.
View of Kumkum
Lokasinya sangat dekat sekali dengan kota PalangkaRaya nya kira2 sekitar 5km dari pusat kota, dan tidak begitu jauh dari jembatan Kahayan (iconnya PLK). Dan Kumkum ini sendiri juga berada di tepian kahayan. Tempat wisatanya berupa tempat rindang yang menyediakan gubuk-gubuk dari kayu yang berupa rumah panggung dan dirindangi oleh pohon-pohon karet. Dan jika air lagi pasang, air-air dari sungai kahayan akan berada di bawah gubuk-gubuk tersebut. Dan semua lokasinya itu berada diatas panggung-panggung dari kayu.
SUdut
Selain gubuk-gubuk tersebut yang dikenakan tarif untuk sewanya per jam, juga disediakan tempat duduk yang berada di jalan-jalan panggung dan free. Kita bisa memesan makanan/minuman dari tempat-tempat makan yang berada di dalam lokasi wisata tersebut sambil menikmati live musik dari panggung Flexiholic yang berada di tengah-tengah lokasi Kumkum . Dan kita juga bisa melihat aktivitas-aktivitas nelayan di sungai kahayan.
Buaya Kalimantan
Dan jika kita sebagai pendatang atau kita membawa anak-anak, tempat ini juga sebagai kebun binatangnya kota PalangkaRaya, karena di dalam tempat wisata ini juga disediakan beberapa kandang binatang. Dan binatang-binatang disini juga berupa binatang2 khas kalimantan seperti Buaya, Beruang Madu, Burung Tingang (maskot Kalteng), Monyet, Kuskus, dll. Tapi yang sayang sekali Orang Utan dan Bekantan (monyet khas kalimantan) tidak ada.

sumber..http://palangkanews.blogspot.com/2009/01/tempat-wisata-di-kota-palangkaraya.html

3 komentar:

Portal Palangkaraya mengatakan...

Wah keren sekali ya
www.portalpalangkaraya.com

Novy Writer mengatakan...

Nitip publikasi ya.. Kan sama2 wisata, so bila ada warga Sampit-Palangkaraya yang mau berlibur ke Malang Jawa Timur nih informasinya :

Villa Sederhana Untuk Keluarga Baik-Baik dan Buku Teman Wisata

Reservasi :
WRITE ...... Villa Reservasi – Ziarah Pesantren – Fiksi Opini Artikel – Blog (Web) – Tour Package – Umroh & Haji
FB & Twitter : Novy E.R. ( @NovyWriter )

ENJOY YOUR HOLIDAY TO MALANG RAYA

ADA VILLA MILIK KELUARGA MUSLIM UNTUK KELUARGA BAIK-BAIK DISEWAKAN (MURAH & SEDERHANA) DI SONGGORITI BATU MALANG

Assalamu’alaikum ……

Bersama Novy E.R. penulis banyak blog yang siap membantu Anda dalam hal jasa persewaan untuk liburan keluarga Anda, VILLA SEDERHANA UNTUK KELUARGA BESAR ANDA di Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Indonesia dengan HOTLINE 24 JAM
simPATI 081 233 68731
Flexi 0341 7695 333
XL 081 945 723 539
IM3 085 755 602 729
BBM 2A22D418
(NO SERVE SMS & BBM)..
Maaf, Yang Serius So Pasti Tidak SMS, akan tetapi langsung menelpon.

Web Publikasi : http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/
Blog Wisata Malang Raya : http://novavilla.wordpress.com/
Foto Lengkap Villa : http://www.facebook.com/VillaNovaDisewakan

Keterangan Singkat Promo Villa Murah Sederhana , Nyaman, Strategis :

tanpa kolam renang atau Villa dengan kolam renang.
bisa untuk keluarga kecil atau rombongan.
Villa Nova type A- G ada 17 kamar 19 bed,reputasi baik, lokasi strategis tepi jalan raya dan tidak dekat kandang hewan, depan pasar wisata, 7 TV dengan 7 reserve parabola, 5 DVD player untuk karaoke bersama rekan-rekan / keluarga, 6 dapur, air panas, halaman juga cukup luas, ada play ground mini, MUSHOLLA MINI lengkap dengan Al Qur’an dan alat sholat.
Villa Hijau (dengan kolam renang dan taman) juga berlokasi di tepi jalan rayua kawasan wisata, 6 kamar 5 kamar mandi, TV, VCD, kulkas
Lain-lain silahkan kunjungi blog dan facebook kami ya….

Writer And Tourism by NOVY E.R. :

Menyediakan wisata oleh-oleh khas SARI APEL DAN JAMBU JAWARA serta Air Mineral JAWARA

KONTAK RESERVASI :
Mrs. NOVY E.R.
Twitter : @NovyWriter

FIGHT AGAINST DRUGS ................. FOREVER ....!!!!!!!!!

PERHATIAN !!! ===> Jadikan Sebuah Buku “MERAH PUTIHNYA CINTA” Teman Dalam Perjalan an Anda
Tidak ada salahnya bila dalam berwisata menyiapkan perbekalan yang hendak dibawa dan salah satunya adalah sebuah buku yang asyik dibaca saat santai atau rekreasi. Dan bila mengaku customer atau sahabat Novy E.R. Ayo segera beli dengan judul MERAH PUTIHNYA CINTA. Ada di Gramedia, Togamas atau toko buku terdekat di kota Anda dengan harga murah. Membeli bukunya sekaligus menyayangi kaum dhuafa karena sebagian hasil penjualan dari buku akan disumbangkan. Segera beli ya ...thx buat yang beli ... :)



kresna bayu tour mengatakan...

Bagus, masih berpotensi dengan alam.

Posting Komentar

 
RESEP MAKANAN INDONESIA